Fakta Menarik Bakso di Indonesia

Bakso adalah masakan olahan khas Indonesia yang biasanya terdiri dari gilingan daging ayam, sapi ataupun ikan, menggunakan bahan baku seperti tepung tapioka. Dalam penyajianya umumnya bakso disajikan dalam keadaan panas dengan kaldu sapi bening dicampur dengan mi, bihun, taoge, tahu ditaburi dengan bawang goreng dan saledri.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia dari gerobak, pedang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso ditawarkan mulai dari makanan beku, irisan bakso  bakso goreng, hingga bakso siap saji.

Beberapa fakta menarik tentang bakso kami tuliskan dalam artikel ini untuk menambah wawasan anda.

Sejarah adanya bakso

Fakta menariknya ternyata bakso adalah seni kuliner Tionghoa-Indonesia! Istilah bakso berasal dari ‘bakso’ dari kata Bak-So dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ’daging guling’. Kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Ternyata tempat terkenal pusat bakso adalah Solo dan Malang dan disajikan dengan khas Jawa. Tapi biasanya bakso khas Tiongkok terbuat dari babi atau makanan laut menjadikan warna agak kecoklatan serta bentuknya tidak terlalu bulat. Tetapi karena mayoritas orang indonesia adalah muslim jadi bakso terbuat dari gilingan sapi, ayam ataupun ikan.

Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Varian bakso yang musti kamu coba

Fakta menarik berikutnya adalah tentang varian bakso yang terus ada dan berkembang melihat dari segi rasa, bentuk bahkan kandungan didalamnya, berikut ini adalah fakta menarik tentang jenis-jenis bakso yang ada di Indonesia:

  1. Bakso urat:  nama yang diambil dari salah satu bagian sapi yang dijadikan bahan untuk membuat bakso ini bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar, salah satu kreasi bakso sapi yang memiliki tekstur lebih kasar sekaligus lebih gurih.
Bakso Urat
  1. Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus, dibalut dengan daging sapi.
Bakso Bola Tenis atau Bakso Telur
  1. Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih biasanya terbuat dari olahan daging.
Bakso Gepeng
  1. Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan dengan proses dam pembubuan yang sama.
Bakso Ikan
  1. Bakso udang: bakso berbahan dari udang menggunakan bahan yang berbeda agar rasa udang tidak hilang atau berubah.
Bakso Udang
  1. Bakso Malang: hidangan bakso dari Kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng. Pedagang bakso Malang yang terkenal adalah Henky Eko Sriyantono pemilik Bakso Malang Kota Cak Eko.
Bakso Malang
  1. Bakso Karimunjawa atau lebih dikenal Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari ikan ekor kuning.
Karimun Jawa
  1. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri: hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang. Tetapi bakso Solo dan Wonogiri memiliki rasa khas sapi yang kuat. Bakso Solo dan Wonogiri terdapat campuran irisan daging sapi atau tetelan. Pedagang bakso Wonogiri yang terkenal adalah Ki Ageng Widyanto Suryo, pemilik Bakso Lapangan Tembak Senayan.
Bakso Solo
  1. Bakso keju: bakso resep baru berisi keju, dipadukan dengan daging sapi berisikan keju mozarela sehinggal rasa bakso terasa gurih asin manis.
Bakso Keju
  1. Bakso bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
Bakso Bakar
  1. Bakso kerikil: bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil, dapat juga disebut bakso tusuk karena yang berjualan biasanya gerobak, bakso dibungkus dengan plastik dan ditusuk dengan tusukan sate.
Bakso Kerikil (bakso kecil)
  1. Bakso Balungan: Bakso dengan kuah bahan daging balungan, dengan gurih dan nikmatnya bakso.
Bakso Balungan
  1. Bakso Unyil: bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
Bakso Unyil
  1. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor): bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng. Bakso jenis ini banyak dijumpai di Kota BandungJawa Barat
Bakso tahu
  1. Bakso aci atau Baso aci: bahan dasarnya aci, disajikan lengkap dengan cuankisiomaymi, bubuk cabai, dan juga kacang pilus.
Bakso aci
  1. Bakso Beranak: Bakso berukuran besar yang didalamnya terdapat bakso berukuran lebih kecil lagi, biasanya disajikan menggunakan piring besar atau baskom.
Bakso beranak

Baca juga: lemari minimalis yang cocok buat kamu!

Kesehatan

Biasanya Bakso mengandung boraks atau bleng untuk membuat menjadi lebih kenyal mirip seperti daging serta lebih awet, maka dari itu bakso tidak pernah disebutkan aman untuk dikonsumsi. Tetapi BAKSO BANDUNG EDUN tidak menggunakan bahan tersebut karena kami menjaga agar anda tetap sehat meskipun sangat hobi mengkonsumsi bakso.

Bakso Bandung Edun

Bakso bandung edun adalah bakso homemade hasil olahan dari daging sapi dan daging ayam tanpa menggunakan MSG, tanpa menggunakan pengawet dan tanpa menggunakan tepung. Kami juga menggunakan garam Himalaya yang kaya akan manfaat. Jadi meskipun kamu dalam program diet produk kami tetap aman untuk dikonsumsi.

Produk Bakso Bandung Edun tersedia dalam bentuk frozen dan siap saji. Memiliki berbagai macam jenis bakso seperti bakso original, bakso keju dan bakso diet. Jadi buat kalian yang ingin ngerasain makan bakso dengan sehat yukk langsung aja order kami!

Leave a Reply